Senin, 16 Juni 2008

Mahalnya biaya Pendidikan di Indonesia

Mengapa biaya pendidikan di Indonesia mahal ? Pengen pinter koq mahal, itulah pertanyaan yang selalu ada dan muncul di benak semua anak bangsa ini, padahal pendiidikan merupakan ujung tombak dari suatu bangsa/negara jikalau pendidikan suatu negara mengalami kemunduran maka mustahil negara tersebut akan mengalami kemajuan.

Disadari atau tidak pendidikan merupakan elemen terpenting bagi suatu bangsa/negara.
Pendidikan di Indonesia masih meupakan investasi yang mahal sehingga diperlukan perencanaan keuangan serta disiapkan dana pendidikan sejak dini. Hal ini membuat setiap keluarga di Indonesia bertambah berat beban yang harus ditanggungnya belum lagi beban-beban yang lainnya, bagaimana keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan ? Mampukah mereka membiayai pendidikan sang buah hatinya ??? Haruskah mereka menjadi anak bangsa yang BODOH ?????

Dalam hal ini kembali peran pemerintah sangat diperlukan seperti yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 31 yang telah diamandemen :

Ayat (4) :
Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang- kurangnya dua puluh persen dari anggaran
pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi
kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.


Ayat (5) :
Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan
persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.


Sekarang tinggal penyelenggara pemerintahan peduli atau tidak terhadap nasib pendidikan di Indonesia, walaupun masalah pendidikan ini juga merupakan tanggung jawab masyarakat juga. Akan tetapi peranan penting tetap pada pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar: