Selasa, 24 Juni 2008

APA Siiiiiii…..h E-LEARNING ITU ?

E-learning adalah suatu teknologi informasi yang berasal dari dua bagian, yaitu ‘e’ yang merupakan singkatan dari ‘elektronic’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, seperti telepon, audio, videotape, transmisi satelit atau komputer. Karena itu, maka e-learning sering disebut pula dengan ‘online course’.

Dalam perkembanganya, yang dipakai sebagai alat bantu pembelajaran adalah komputer, oleh sebab itu dikenal dengan istilah computer based learning (CBL) atau computer assisted learning (CAL). Saat pertama kali komputer mulai diperkenalkan khususnya untuk pembelajaran, maka komputer menjadi popular dikalangan anak didik. Ini bisa dimaklumi karena teknik mengajar lebih bervariasi dengan adanya computer. Dengan pesatnya teknologi pembelajaran E-learning dikelompokkan menjadi :

1).Technology-based learning

2). Technology-based Web-learning

Technology based-learning ini pada prinsipnya terdiri dari dua, yaitu audio information technologies (audio tape, radio, voice mail, telepone ) dan video information technologies (video tape, nideo text, video messaging). Sedangkan technology based web-learning pada dasarnya adalah data information tecbnologies (bulletin board, internet, email, tele-collaboration).

Namun yang sering dijumpai dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari adalah kombinasi dari teknologi yang dituliskan di atas (audio/data, video/data, audio/video). Teknologi ini juga sering dipakai pada pendidikan jarak jauh, dimaksudkan agar komunikasi antara murid dan guru bisa terjadi dengan keunggulan teknologi e-learning ini. Sedangkan interaksi antara guru dan murid bisa dilaksanakan melalui cara langsung (synchronous) atau tidak langsung, misalnya pesan direkam dahulu sebelum digunakan. Cara ini dikenal dengan nama e-synchronous.

Tidak ada komentar: